Penjelasan Tentang Linux dan Alasan Memilihnya

April 28, 2013
"Lama tidak bertemu" mungkin itu kalimat yang cocok untuk mengawali postingan kali ini. Sudah setahun lebih blog ini tidak update, dan ternyata setelah sekian lama juga, blog ini tampil dengan tampilan yang baru, tampilan yang lebih simpel menurut saya. Apa boleh buat, blog ini tidak update pun dikarenakan saya yang lebih sibuk di dunia nyata, yang berimbas pada kegiatan blog ini. Ya, itulah sedikit curahan hati saya terhadap blog ini hehe. Lalu apa yang akan dibahas pada postingan kali ini? Langsung saja, pembahasan kali ini yaitu mengenai "LINUX". Apa itu Linux?


Berikut adalah penjelasan tentang Linux, yang dikutip dari berbagai sumber.
Linux adalah sebuah sistem operasi yang awalnya dibuat sebagai proyek hobi seorang mahasiswa muda yang bernama Linus Torvalds, di Universitas Helsinki, Finlandia. Linux tertarik dengan Minix, yaitu suatu sistem operasi Unix “kecil” dan memutuskan untuk mengembangkan suatu sistem operasi yang mirip Unix tetapi lebih baik dari Minix. Linus memulainya pada tahun 1991 ketika itu ia mengeluarkan Linux release 0.0.2 dan terus bekerja mengembangkannya sampai tahun 1994, pada tahun ini ia mengeluarkan Linux release 1.0 sampai akhirnya saat ini versi Linux sampai versi 2.6 dan pengembangannya pun masih terus berlanjut. Linux dikembangkan dibawah lisensi GNU General Public License (http://www.linux.org/info/gnu.html) dan kode sumber (Source Code) Linux tersedia secara bebas dan terbuka bagi semua orang yang membutuhkannya. Ini bukan berarti bahwa Linux dan berbagai macam distribusinya adalah Gratis (Free) begitu saja, karena perusahaan-perusahaan (Distribusi Linux) dan para developer tentunya membutuhkan dana dalam pengembangannya. Linux bisa digunakan secara luas meliputi kegunaannya sebagai Server jaringan, Software Development, dan sebagai End-user Platform. Linux sering dianggap sebagai sistem operasi yang handal, dan alternatif untuk solusi sistem operasi yang murah. Linux sampai saat ini didukung oleh banyak software atau perangkat lunak free dan open source. Namun ada juga software atau perangkat lunak yang tidak free dan berjalan di atas platform Linux. Sekarang Linux benar-benar menjadi tantangan yang hebat bagi para Vendor sistem operasi yang berlisensi seperti Microsoft Windows misalnya. Bahkan desktop di Linux yang juga indah dan menarik membuat Linux semakin digandrungi.

Alasan memilih Linux

Dibandingkan dengan Linux, ada beberapa masalah penting yang biasanya terjadi pada sistem operasi komersial, yaitu sebagai berikut :
  • Kode sumber (Source Code) dari sistem operasi yang tidak tersedia (Close Source)
  • Adanya batasan terhadap penggandaan sistem (Strict Limits)
  • Pengembangan versi minor ke mayor agak lambat (Slow Release Pattern)
  • Support teknologi yang sangat bergantung pada pembuat Sistem Operasi tersebut
  • Cost harus dikeluarkan lagi untuk support teknologi tersebut.
  • Kecenderungan sistem mudah crash (Srash-prone) 
Jadi, sistem operasi manakah yang dapat meminimalisir hal diatas? Sebenarnya ada banyak sistem operasi non-komersial lainnya yang memberikan fungsionalitas yang sama dengan sistem operasi komersial bahkan cenderung lebih baik. (misalnya Linux, Free Bsd, dll). Nah, disini Linux memiliki peluang yang besar untuk menjadi alternatif penggunaan sistem oprasi non-komersial yang handal. Beberapa alasannya yaitu sebagai berikut :

  • Linux is Free (Gratis)
  • Linux is Open Source (Source terbuka)
  • Linux is Multi User (Multi pengguna)
  • Linux is Reliable (Dapat diandalkan)
  • Linux is Network-friendly (Ramah akan jaringan)
  • Linux is Backwards-Compatible (Kompatibel dengan hardware lama)
Jadi bagaimana? Apakah tertarik dengan Linux? Jika iya, ada baiknya untuk mencari informasi yang lebih lengkap terlebih dahulu. Berikut ini beberapa link yang mungkin dapat dijadikan acuan untuk informasi Linux: